Tenangkan pikiranmu!

  


Mie Khie Liong
Filipi 4:6-7
Ringkasan khotbah 15 Mei 2022

Bagaimana Paulus bisa tenang menghadapi segala penganiayaan dan situasi yang di alami nya saat itu? Mari kita lihat surat nya dalam Filipi 4:6-7.

Tuhan tidaklah jauh dari kita. Dia sudah di sini! God is here! Di saat situasi apa pun, di mana pun, Tuhan beserta dengan kita.

Baca juga Matius 28:18 – Yesus berkuasa penuh; tidak ada satu pun yang di luar dari kuasa Yesus. Jadi ketika kita berdoa padaNya, tidak ada yang mustahil bagiNya!

Roma 5:10 – Bukan hanya Yesus berkuasa, Dia pun mengasihi kita. Dia mengorbankan hidupNya bagi kita yang masih berdosa, apalagi sekarang setelah kita menjadi anak-anakNya!

Hidup kita penuh dengan kekuatiran, karena itu Paulus memulai dengan “Tuhan ada di sini”, karena dia tahu kita manusia mudah sekali untuk kuatir. Namun di saat kita tahu Tuhan ada bersama dengan kita, kita sekarang mempunyai pilihan: apakah kita mau terus kuatir, atau kita serahkan kekuatiran kita pada Dia yang ada di sini dan yang Maha Kuasa dan Maha Kasih?

Kita serahkan kekuatiran kita lewat permohonan dan doa, seperti seorang anak kecil yang meminta pada ayahnya. Dan apa pun yang terjadi, kita meminta dengan puji syukur karena apa pun jawabannya, itu yang terbaik untuk kita.

Karena kita sendiri tidak tahu apa yang terbaik untuk hidup kita.

Rahasia Paulus bukan karena dia orang yang luar biasa, tetapi karena dia mendapatkan damai sejahtera dari Allah yang memenuhi hatinya (bahkan dia sedang di penjara saat dia menulis ini). Dia orang biasa yang percaya pada Tuhan yang luar biasa!

Secara akal kita, kita seharusnya kuatir saat menghadapi masalah yang berat dan tidak ada jalan keluar, tetapi kita perlu menyerahkan kekuatiran kita pada Tuhan. Ketika kita menyerahkan kekuatiran pada kita dan bersandar padaNya, maka damai Tuhan akan menjaga!

Dan terkadang masalah kita yang kita jalani adalah sebuah alat untuk kita bisa belajar, untuk percaya padaNya, untuk bertumbuh iman nya, dan mengucap syukur apa pun yang terjadi pada kita.

Tuhan selalu bersama dengan kita. Ia ada di sini, sekarang.

 

 

Post a comment

X