Pengertian Kerjaaan Allah

  


Seri The Kingdom of God
Pdt Victor Liu
Ringkasan khotbah 13 Februari 2022

Yesus banyak menekankan tentang kerajaan Allah di dalam berita misiNya. Namun banyak dari kita yang tidak begitu mengerti mengenai kerajaan Allah yang sebenarnya (banyak yang percaya kerajaan Allah dan gereja adalah hal yang sama). Gereja menjadi saksi untuk kerajaan Allah, jadi tidak sama.

Dalam kerajaan, ada 3 aspek: harus ada raja, harus ada kerajaan nya (kingdom), dan harus ada lifestyle atau etika di dalam kerajaan tersebut.

Pengertian Kerajaan Allah

[1] Kerajaan Allah sudah datang

Kerajaan Allah sudah datang (dalam Yesus Kristus), tapi juga nanti akan datang dalam kesempurnaannya (pada saat Yesus datang kedua kali). Lihat bagaimana kerajaan Allah sudah datang dalam Lukas 17:20-21, Markus 10:14-15 (ada ketulusan, ketergantungan pada seorang anak kecil pada papa nya, demikian pula yang diinginkan Allah akan kita, total ketergantungan pada Allah), Matius 21:31 (kerajaan Allah sudah ada pada diri Kristus dan bagi mereka yang merasa berdosa dan tidak layak, akan masuk dalam kerajaan Allah).

Tanda kerajaan Allah sudah ada/hadir pada jaman Kristus

a. Ada mukjijat-mukjijat
Lihat Matus 10:7-8, Matius 12:28, Lukas 11:20. Kita bisa melihat ada mukjijat-mukjijat yang dilakukan Kristus, sehingga ini membuktikan bahwa kerajaan Allah sudah datang! Yesus datang sebagai Raja dalam kerajaan Allah dan Dia pun masih melakukan mukjijat sampai saat ini (walaupun mungkin berbeda pada jaman waktu itu).

b. Mengusir setan
Kuasa Yesus lebih besar dari roh roh jahat. Roh-roh jahat mempengaruhi hati, pikiran, dan gaya hidup orang percaya – tidak selalu dirasuki oleh roh jahat secara physical. Kerajaan Allah hadir karena Yesus mampu mengusir roh jahat.

c. Berita injil
Yesus menyatakan kabar gembira untuk orang berdosa (dikutip dari Yesaya), yang menunjukkan kerajaan Allah sudah datang di tengah mereka saat itu.

Matius 6:10, Lukas 19:11, Matius 13:24-30, Lukas 13:28-29, juga menyatakan suatu saat kerajaan Allah nanti akan datang; ini menunjukkan kerajaan Allah sudah datang, tapi kesempurnaan nya/realisasi nya adalah nanti pada saat Yesus datang lagi kedua kalinya.

Jesus is the King! Kolose 1:13-14.

Iblis adalah raja kegelapan – pemerintahan dan lifestyle nya jahat. Dan dunia dikuasai oleh kerajaan gelap (darkness), yang dikontraskan dengan kerajaan Allah yang terang, penuh pengampunan dan kasih.

Lihat juga Efesus 1:20-22, Filipi 2:10-11, Matius 28:18, Wahyu 1:5, Wahyu 19.

Syarat masuk kerajaan Allah

Kerajaan Allah adalah pemerintahan Allah yang berada pada hati orang-orang percaya, yang sekarang sudah ada dan nanti di masa datang akan sempurna di dalam Yesus Kristus. Bagaimana kita bisa masuk ke dalam kerajaan Allah? Lihat Yohanes 3:3, Matius 4:17.

Hanya orang-orang yang merasa dirinya berdosa dan tidak layak yang bisa masuk ke dalam kerajaan Allah. Bukan kegiatan seperti berbakti setiap hari Minggu, masuk kelompok sel, atau melayani, tetapi dengan bertobat sungguh-sungguh dan membiarkan Tuhan menjadi Raja dan Juru Selamat kita! Roh Kudus meyakinkan dosa kita dan memperbaharui kita sehingga kita menjadi ciptaan yang baru!

Kekristenan adalah relasi dengan Yesus, bukan kegiatan!

Pentingnya kerajaan Allah

a. Yesus bukan hanya Juru Selamat kita, tapi Raja atas hidup kita
Sehingga di saat ada masalah, kita bisa percaya bahwa Yesus adalah Raja di atas hidup kita yang Maha Kuasa, sehingga kita tidak pernah menyerah dan mengambil jalan pintas!

b. Memanggil anak-anak Tuhan untuk tunduk, taat pada Yesus
Yesus menawarkan kerajaanNya yang luar biasa – pembebasan, pemulihan, suka cita. Ketaatan dibutuhkan bagi kita anak-anakNya kepada sang Raja! Kalau ada dosa, pikiran, atau hati yang belum kita serahkan pada Tuhan, kira nya kita taat dan bertobat dari dosa kita!

Jangan mau diperdaya oleh kerajaan Iblis, kerajaan gelap yang membuat kita mati rohani! Tapi serahkan hidup kita pada kerajaanNya yang ingin berkuasa atas hidup dan hati kita!

 

 

Post a comment

X