Darah yang mahal

Pengkhotbah tamu Pdt Amos Oei
15 Oktober 2017
1Petrus 1:14-21

Rekaman Praise & Worship

Setiap dari kita pasti mempunyai pengalaman pengalaman yang berbeda di dalam proses kita melakukan ketaatan kita pada Tuhan. Dan pasti ada momen momen dimana kita harus memilih, untuk taat pada Tuhan atau taat pada diri kita sendiri – menyenangkan Tuhan atau menyenangkan diri kita sendiri.

Petrus memberikan alasan mengapa kita harus terus dikuduskan (saat teduh, pelayanan, datang ke gereja, dll), bukan karena kita disuruh atau peratutan, tetapi pada siapa Tuhan yang menjadi penebus dan penyelamat hidup kita. Bahwa kita ditebus dengan darah yang mahal!

Mengapa orang suka barang yang mahal? Karena bermutu, bergengsi, dan untuk bersaing. Biasanya mahal di identikan dengan quality. Tapi darah Yesus di identikan dengan sebuah nilai, nilai yang sangat berharga.

Darah Yesus mahal berarti, begitu sangat precious dan berharga! Mengapa darah Yesus mahal? Ibrani 9:22 berkata “sebab tanpa penumpahan darah, tidak ada pengampunan”. Karena kita tahu kita melayani pribadi yang paling berharga dalam hidup ini! Dan kalau kita mengerti konsep ini, maka kita akan sangat menjaga dan mengasihi pribadi Kristus – dengan kerelaan dan tahu sesuatu yang begitu berharga, bukan karena paksaan.

Kenapa darah Kristus begitu berharga?

1. Menebus (menebus dari belenggu dosa/kutuk dosa [kematian] dan hukuman dosa [hidup terpisah dari Allah])
Orang yang tertebus oleh darah Yesus yang mahal melihat kematian bukan sebagai kutuk melainkan jalan masuk bertemu dan bersama Tuhan selamanya.

2. Membenarkan (membenarkan kita dari permusuhan dengan Allah menjadi persahabatan dengan Allah)
Mereka yang menerimanya diberiNya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah yaitu mereka yang percaya dalam namaNya (Yohanes 1:12)

Kalau kita punya musuh, kita tidak akan mempunyai damai sejahtera dengan orang tersebut, apalagi kalau kita bermusuhan dengan Allah! Seringkali saat bermusuhan satu sama lain, kita membutuhkan seorang perantara/mediator, dan dalam hal ini, Yesus lah perantara kita!

3. Memelihara (memelihara kita sebagai sahabat dan anak yang Allah tetap kasihi)
Allah melihat Yesus dan darahNya yang ditumpahkan bagi kita, kasihNya kepada kita tidaklah pernah berubah. Baca juga 2Timotius 2:13

Pemeliharaan dan kebahagiaan dalam dunia terbatas, tapi pemeliharaan Tuhan tidak terbatas! Uang bisa membuat kita senang, tapi saat itu habis, kita akan terjebak untuk mencari lagi, dan lagi untuk membuat kita senang kembali.

4. Menguduskan (menguduskan kita dari hari ke hari sehingga kita menjadi serupa dengan Yesus, Tuhan kita, Juru Selamat kita. Baca Roma 12:2.

Dia begitu berharga karena Dia ingin memberikan yang terbaik bagi kita, termasuk diri kita untuk kembali menjadi gambar dan rupa Allah; serupa dengan Kristus.

5. Memenangkan (memenangkan kita dari segala tantangan hidup sehingga kita mengalami apa artinya orang dikatakan “lebih dari pemenang” (Roma 8:37). Baca Yohanes 16:33.

Kita mungkin merindukan untuk melihat mukjijat besar dalam hidup kita (sakit jadi sembuh, miskin jadi kaya), tapi sebenarnya lebih penting bagi kita untuk memiliki kemenangan kemenangan kecil dalam perjalanan hidup kita (dari dosa, dari karakter yang tidak baik, dll) – dari lidah yang memaki menjadi lidah yang memberikan berkat, memberitakan injil.

Pertanyaannya: Seberapa mahal dan berharga nya kah darah Yesus dalam hidupmu? Ataukah kita malah meremehkannya? Atau adakah sesuatu yang kita anggap lebih mahal dan berharga dalam hidup ini selain darah Kristus yang dicurahkan bagi kita?

Mau kah kita menjadikan dia prioritas, yang paling berharga dalam hidup kita? Menjadi nomor satu dalam hidup ini?

X