Kita adalah pemenang!

  


Seri ”He lives”
Pdt Victor Liu
Ringkasan khotbah 4 April 2021

Kekristenan dipanggil untuk jadi pemenang, bukan lemah lesu dalam hidup ini. 1Korintus 15:57-58 mengakhiri 1Korintus 15 yang berbicara tentang kebangkitan Kristus.

Kemenangan kita diberikan melalui Yesus Kristus. Ayat ini bukan berkata bahwa kita akan menang atau kita menang, tapi kita sudah menang! Allah lah yang memberikan kemenangan itu dan hanya di dalam Yesus Kristus!

Dari bahasa Inggris: “God, who gives us the victory through our Lord Jesus Christ!”. Ini bukan kemenangan saat doa kita di jawab, atau Tuhan membuka jalan saat kita ada masalah. Firman Tuhan berbicara mengenai “kemenangan” yang spesifik; Apakah itu?

Kalau kita lihat ayat-ayat sebelumnya, perikop ini berbicara tentang kemenangan akan dosa dan akibatnya, kematian. Dalam Roma 5, Paulus menulis tentang dosa turunan pada seluruh umat manusia, dan buktinya adalah ada kematian bagi setiap manusia di dunia ini.

Kemenangan yang dimaksudkan adalah bahwa Yesus mati dan bangkit, dan kebangkitanNya mengalahkan maut/kematian, mengalahkan dosa. Dan ini dijanjikan dan diberikan pada mereka yang percaya pada pengorbanan Kristus bagi dirinya!

Tidak ada seorangpun yang mampu mengalahkan kematian! Dosa dan kematian membuat manusia sengsara dan terpisah dari Tuhan, tetapi! (Ayat 57) Kristus telah memberikan kita kemenangan atas dosa dan kematian itu!

Kematian bagi anak Tuhan bukan lah sesuatu yang mengerikan, karena setelah itu kita akan bersama-sama dengan Dia untuk selama-lamanya.

We are a winner, bukan karena usaha dan tekad kita. Tapi karena apa yang Yesus sudah lakukan!

Dan sungguh menyedihkan kalau kita tahu kita sudah menang akan dosa dan kematian, tapi kita masih sering merasa kalah dengan masalah-masalah di dalam hidup ini!

Lalu apa makna kebangkitan Kristus bagi kehidupan kita?
Ayat 58 – kalau Yesus sudah memberikan kemenangan pada kita, sudah selayaknya kita hidup dalam worship dan berbuah.

[1] Berdiri teguh (be firm)
Stand firm di dalam Tuhan! Jangan keyakinan kita goyah akan Yesus.

Kita nanti akan diberikan tubuh baru yang tidak lagi bergumul dengan dosa, dan tidak akan pernah mati.

Dan janganlah kebangkitan Kristus hanya diketahui dan dihafal saja, tapi sungguh-sungguh menjadi keyakinan yang kokoh!

[2] Jangan goyah (do not be moved)
Ini berbicara tentang pola pikir dan sikap yang datang dari luar. Menurut firman Tuhan, kita manusia digoyahkan oleh iblis, konsep dunia, dan diri kita sendiri (kedagingan).

Ketika kita tidak ingat lagi pada Yesus dan firmanNya, kita akan mudah digoyahkan! Masalah bisa menghimpit kita sebegitu rupa sampai kita tidak bisa lagi berkutik dan goyah dari kuasa kebangkitan Kristus!

Dan hati hati lah dalam mengambil keputusan, supaya tidak mementingkan kepuasan sekejap!

[3] Giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan, jerih payahmu tidak sia sia (Always be outstanding in the work of the Lord)

Antusiaslah dalam melayani Tuhan! Bukan karena terpaksa, tapi karena Yesus sudah mati dan bangkit untuk engkau! Dan apa yang kita lakukan untuk Yesus tidak sia sia!

Outstanding = semangat, melakukan yang terbaik, dan terus-menerus.

Dan yang memotivasi ini bukan karena ingin mencari pujian, self-worth, atau terpaksa, tapi karena Yesus layak di sembah dan diberikan pengabdian!

Merupakan omong kosong bagi seseorang yang percaya dan mengakui Yesus bangkit tapi tidak ada pengabdian sama sekali untuk Dia!

X