Kenaikan Yesus Kristus ke Surga

  


Pdt Victor Liu
Ringkasan khotbah 16 Mei 2020
Kis 1:6-11

The Great Event

Apa artinya Yesus naik ke surga?

[1] Saat Yesus naik ke surga, Dia punya bentuk manusia seperti kita (dan sekarang pun Dia bertubuh manusia, tapi sudah dipermuliakan).

[2] Ketika Yesus naik ke surga, Dia terangkat, menunjukkan kuasaNya yang besar mengalahkan alam. Matius 28:18 menuliskan bahwa segala kuasa sudah diberikan pada Kristus sesudah Dia bangkit dari antara orang mati (ketika Yesus berinkarnasi menjadi manusia, Dia membatasi diriNya).

Dan kita bisa melihat bahwa Yesus tidak lagi membatasi diriNya saat Dia sudah bangkit; Dia bisa menghilang dan menampakkan diri kapan saja dan dimana saja, dan sebagainya.

[3] Yesus akan datang kembali dengan cara yang sama seperti Dia naik ke surga.

The Great Responsibility

Penulis Kisah Para Rasul, berbeda dengan penulis lain saat menceritakan kebangkitan Yesus, menekankan akan responsibility kita.

Kita bisa melihat bahwa sebelum Yesus naik ke surga, Dia memberikan kita perintah, amanat agung, untuk menjadi saksiNya (ayat 6-8). Kita diberikan hak istimewa sebagai pengikut Kristus!

Kapan kedatangan Yesus yang kedua, kita tidak perlu tahu dan itu bukan urusan kita untuk tahu. Masa depan di kontrol oleh Tuhan, sehingga kita tidak perlu kuatir dan memikirkan; tetapi yang terpenting adalah kita menjadi saksiNya sampai Dia datang kembali!

Dan diceritakan bahwa Yesus selalu hadir di tengah-tengah mereka saat mereka bersaksi (dan Roh Kudus yang akan diberikan untuk mereka waktu itu, dan kita).

Menjadi saksi Kristus berarti:

A. Mengalami Kristus secara pribadi dan menceritakan nya kepada orang lain (bagaimana dulu hidup kita bermain dengan dosa dan sekarang Yesus mengubah hidup ku, memberikan kedamaian, kekuatan, dan pertobatan).

B. Fokus pada Kristus yang mengubah hidup kita, sehingga orang di sekitar kita bisa melihat perubahan hidup kita saat ikut Yesus; (kata-kata, sikap, dan sebagainya).

Menjadi saksiNya di mulai dari hidup kita, yang dijamah dan menjadi berkat. Kalau kita belum punya hubungan pribadi dengan Kristus, ini lah saatnya. Kita tidak bisa menjadi saksi Nya kalau hidup kita sendiri belum diserahkan pada Yesus Kristus.

 

X