Jesus: The Lion of the Tribe of Judah

Yesus: Singa dari Suku Yehuda
Pdt Victor Liu
Ringkasan khotbah 24 Desember 2017

Rekaman Praise & Worship

Nubuatan dalam alkitab selalu akan terjadi, biasanya tidak spesifik waktunya kapan akan terjadi, tapi spesifik dalam nubuatan nya. Yakub menubuatkan bahwa keturunan suku Yehuda nanti akan seperti singa, dan suku-suku Israel lain bahkan seluruh bangsa akan menyembah keturunannya. Rencana Tuhan yang ribuan tahun ini, akhirnya menjadi kenyataan dan Tuhan menetapi janjiNya!

Baca Kejadian 49:8-10, Wahyu 5:5 -> menunjukkan penggenapan dalam Yesus Kristus; dan pada saat Dia nanti akan datang kembali menghakimi seluruh dunia dan memerintah selama-lamanya.

Rencana keselamatan manusia merupakan rencana Allah sejak kejatuhan manusia (Kejadian 3:15)

Penggenapan bahwa singa dari suku Yehuda adalah merupakan sebuah rencana keselamatan yang sudah direncanakan Allah dari dahulu kala. Ketika Adam dan Hawa jatuh dalam dosa, Tuhan kita tidak kelabakan, dan rencana keselamatan sudah ada! Janji Tuhan ini, dimana seorang Juru Selamat akan datang untuk mengalahkan kuasa dosa, ditafsirkan sekitar 4,000 tahun-an menjadi kenyataan.

Keturunan Adam & Hawa: Set->Noah->Shem->Abraham (Janji spesifik di Kejadian 12:3)->Ishak->Yakub->Yehuda (Janji spesifik lagi di Kejadian 49:8-10)->Boas->Daud (2Samuel 7:12-16; janji spesifik lagi tentang Yesus sebagai seorang Raja)->Yusuf & Maria->Yesus Kristus.
Dari Kejadian awal sampai Abraham: The Saviour, Juru Selamat. Lalu nubuatan/janji kepada Yehuda mengenai Raja, Singa.

Nubuatan “the Saviour” dan “the King” bergabung menjadi satu -> The Lion & the Lamb!
Dan Lukas 1:32-33, kembali menyatakan kerajaanNya akan selama-lamanya. Lihat juga Kejadian 49:8-10; waktu itu Yehuda belum punya raja, jadi ini berbicara mengenai keturunan Yehuda.

The Lion of the tribe of Judah calls us to worship (bow down, obey) Him joyfully & heartfully!

Rencana keturunan Yehuda memerintah sebagai The Saviour King

Kenapa Yehuda dipilih? Siapa kah sebenarnya Yehuda? Yehuda adalah anak ke-4 dari Yakub (Baca Kejadian 38, 42, 43, 44). Dia berhasil membujuk ayahnya untuk membawa Benyamin ke Mesir; dan Yehuda juga yang berbicara pada Yusuf (waktu itu belum tahu Yusuf adalah saudaranya). Dia punya figur seorang pemimpin. Tapi dia juga punya latar belakang yang bobrok; dia menikah dengan orang Kanaan walaupun sudah dinasihati dan diperingati. Dia juga suka main dengan pelacur, dan sampai pada waktu dimana Yehuda berhubungan seks dengan menantu nya, Tamar (yang menyamar sebagai seorang pelacur). Saat Tamar mengandung, dia mengakui kesalahannya dan akhirnya bertobat.

Kenapa Yehuda yang dipilih? Karena dalam menggenapi rencanaNya, Tuhan Allah memakai orang yang ada kelemahannya (seperti Yehuda) untuk menunjukkan kasih karuniaNya yang besar!

Tuhan juga bisa memilih kita yang hidupnya rusak dan berdosa, dijamah, dipulihkan Tuhan, dan dipakai untuk rencanaNya yang besar!

RencanaNya tidak akan gagal dan janjiNya selalu ditepati

Rencana dan janji untuk memberikan Yesus Kristus sebagai Juru Selamat kita ditepati bahkan dalam ribuan tahun lamanya. Lihat Galatia 4:4, tepat pada waktunya!

Kalau Tuhan bisa menepati janjiNya yang bahkan ribuan tahun, Dia pun juga bisa bekerja dalam hidupmu dan menepati janjiNya pada kita? Saat Dia berkata supaya kita jangan kuatir dan akan mencukupkan, atau bahwa Dia akan menyertai kita sampai akhir jaman, masih kah kita takut dan menyerah?

Kira nya kita bisa antusias melihat tahun ke depan, kita tidak lagi tergantung situasi dan keadaan, tetapi bisa fokus pada Yesus Kristus yang tidak akan pernah berubah!

X