God is our Provider

Pdt Victor Liu
Ringkasan khotbah 20 Agustus 2017
Filipi 4:19-20

Rekaman Praise & Worship

Ayat 19: “And my God will supply every need of yours according to His riches in glory in Christ Jesus. To our God and Father be glory forever and ever. Amen.”

Paulus menekankan bahwa God is our Provider (dalam bahasa Ibrani, “Yahweh Yireh”, dari Kejadian 22) – berkat adalah dari Tuhan, bukan karena hoki, bukan karena kepandaian, atau karena kerja keras kita. Sehingga tidak ada kesombongan dari diri kita! Tuhan lah yang memberikan itu pada kita, dan lebih penting lagi Tuhan memberikan Yesus Kristus untuk keselamatan kita!

Terlalu banyak orang fokus pada hidup nya (pekerjaan, makanan, dll) dan lupa fokus pada apa yang Tuhan sudah kerjakan melalui Kristus -> berarti Tuhan pun mampu campur cangan untuk memelihara dan memenuhi kebutuhan kita. Karena itu lah firman Tuhan selalu menekankan kita supaya tidak kuatir dalam keadaan apa pun juga!

“God will supply every need” -> bukan keinginan (want)! Tuhan bukan memberikan Yesus supaya kita kaya! Tetapi karena dosa dosa kita.
Kalau kita pikirkan, begitu banyak keinginan-keinginan kita bukan? Tuhan bukan menjanjikan bahwa Dia akan memenuhi semua keinginan dan wish list kita, tetapi kebutuhan! Di ayat ini, memang “needs” itu membicarakan soal kebutuhan fisik, bukan rohani.

Dalam terjemahan Indonesia, tidak ada kata “dan” untuk memulai ayat 19. Bahasa Inggris dan Yunani lebih bagus dan memulai dengan “dan”. Kata “dan” di sini menunjukkan kelanjutan dari ayat sebelumnya (“maka”); seperti Matius 6:33. Ayat sebelumnya: Jemaat Filipi memberikan yang terbaik untuk Tuhan, yang berkenan pada Tuhan dengan suka cita.

Jadi, berikan yang terbaik untuk Tuhan terlebih dahulu dengan tulus (sebagai act of worship pada Tuhan), MAKA Tuhan akan mencukupkan kebutuhanmu! (Bukan keinginanmu!)
Prinsip umum adalah di saat kita mengatur uang dengan baik, kerja keras, maka kita akan mencukupi kebutuhan kita, bukan? Tapi ada juga prinsip khusus yang diberikan Tuhan pada anak anakNya! – Berikan lah terlebih dahulu pada Tuhan dengan pengabdian dan dedikasi yang benar, maka Tuhan akan mencukupkan kebutuhanmu! (Baca Amsal 3:9-10, 1Raja-Raja 17:12-16, 2Korintus 9:6-8, Maleakhi 3:10, Matius 6:33) – Yahweh Yireh, dari kisah Abraham di kitab Kejadian 22 yang diperintahkan mempersembahkan anaknya Ishak (yang dikasihinya) bagi Tuhan.

Mengapa ayat di Filipi ini berikan?
– karena manusia memang pelit dan cinta pada uang!
– karena manusia suka hitung-hitung an, bahkan pada Tuhan!

Kita tidak pelit saat kita membeli barang! Kita tidak pelit untuk jalan jalan! Tapi kita sering pelit dan hitung-hitungan saat memberi untuk Tuhan!

Ayat 20 sering dipakai sebagai kalimat penutup dalam surat-surat Paulus; Paulus tau dalam jemaat Filipi ada orang-orang yang egois yang hanya memperhatikan diri sendiri, sehingga dia mengingatkan bahwa saat kita memberi, kita memuliakan Tuhan! Berkat yang Tuhan berikan bagi kita, membuat hati kita bukan cinta kepada berkat nya, tetapi cinta kepada sumbernya, yaitu Tuhan!

Blessings should make us worship Him joyfully more and more!

X